Senin, 15 Desember 2014

Makna Filosofis Warna


Pelbagai warna sering mendominasi pengelihatan mata dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang mengidentikkan warna dengan karakter seseorang, lambang organisasi, perkumpulan, hingga negara. Masing-masing warna tentu memiliki makna filosofis tersendiri.
Misal saja warna emas yang mencerminkan kedudukan, kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi. Warna emas yang diambil dari warna logam mulia ini menyimbolkan keabadian dan kelas elite dalam tatanan sosial masyarakat. Arti positif dari warna emas adalah kekayaan, kemakmuran, berharga, dan tradisional. Sedangkan arti negatifnya ialah ketamakan, dan pemimpi.
Warna lain yang sering disandingkan dengan warna emas adalah warna perak. seseorang yang menyukai warna perak memberi kesan imajinatif dan menyenangkan. Suka mencoba hal-hal baru, suka menantang diri sendiri dan cepat belajar akan sesuatu. Pribadi yang mudah diajak bicara dan penuh dengan nasihat-nasihat baik. Dalam hubungan persahabatan, tak mudah percaya pada seseorang, namun saat menemukan seseorang yang tepat dalam hidupnya ia akan mempercayai mereka selamanya. Arti positif dari warna perak adalah glamor, tinggi, anggun, dan sleek. Sedangkan arti negatifnya adalah pengkhayal, dan tidak tulus.
Sebagai contoh warna filosofi sebuah lambang, kita tahu Bendera Negara Republik Indonesia, Sangsaka Merah Putih, ternyata memiliki makna filosofis bernani karena benar. Warna merah dan putih telah dikenal oleh nenek moyang bangsa Indonesia sejak sekitar 6.000 tahun yang lalu. Warna merah melambangkan warna yang dapat menahan hawa jahat, sedangkan warna putih melambangkan kebersihan dan kesucian hati ksatria. Warna merah berarti berani, dan putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Pada saat perjuangan kemerdekaan, warna merah dan putih melambangkan keberanian dan ketulusan bunga bangsa dalam mempertahankan ibu pertiwi yang merupakan nyawa bagi suatu bangsa. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan untuk Indonesia tercinta.
Pada asalnya, warna terbagi menjadi tiga golongan, yaitu:

1.      Warna Dasar (Primer)
Warna dasar sendiri terdiri dari dua golongan. Golongan pertama terdiri dari tiga warna dasar yaitu merah, kuning dan biru. Golongan kedua terdiri dari tiga warna dasar juga yaitu merah, hijau dan biru.
Golongan pertama digunakan sebagai warna dasar untuk melihat benda dan golongan kedua untuk melihat cahaya (warna dasar yang terlihat saat kita menonton TV ataupun layar monitor dikomputer).

2.      Warna Sekunder
Warna sekunder dihasilkan dari percampuran dua jenis warna dasar. Contohnya adalah penggabungan dari merah dan kuning akan berubah menjadi oranye (kuning genteng).

3.      Warna Tersier
Warna tersier merupakan hasil dari penggabungan warna sekunder dengan satu jenis warna primer. Contohnya adalah penggabungan dari warna oranye dan merah akan berubah menjadi merah oranye.

Sebelum dibahas tentang makna masing-masing warna, maka warna dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu warna-warna sejuk, warna-warna hangat dan warna-warna netral. Warna-warna yang termasuk warna-warna sejuk antara lain biru, hijau, pirus dan perak. Kemudian, warna-warna yang termasuk warna hangat antara lain: merah, merah muda, kuning orange, warna ungu, dan emas. Terakhir, warna-warna yang termasuk warna netral antara lain: coklat,  gading, kelabu, putih dan hitam.

So, let`s check it out guys…

1.      Merah


Warna merah memberi arti gairah dan memberi energi dan menyerukan terlaksananya suatu tindakan. Merah melambangkan kesan energi, kekuatan, hasrat, erotisme, keberanian, agresi, nafsu, kehangatan, simbol dari api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian, perang, bahaya, kecepatan, panas, kekerasan. Warna ini dapat menyampaikan kecenderungan untuk menampilkan gambar dan teks secara lebih besar dan dekat. warna merah dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar. Merah cocok untuk tema yang menunjukkan keberanian seseorang. energi misal mobil, kendaraan bermotor, olahraga dan permainan. Dalam budaya oriental, merah sangat disukai karena memiliki arti bahagia.
Warna merah juga dikenal sebagai warna yang kuat dan sering digunakan dalam desain logo untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan terbukti dapat meningkatkan gairah, rasa lapar hingga meningkatkan tekanan darah dan kadar adrenalin dalam darah. Untuk menjaga keseimbangannya warna merah baik jika dipadukan dengan warna biru muda.
Arti positif warna merah adalah cinta, energi, kuasa, kekuatan,  panas, dan kehangatan. Sedangkan contoh arti negatif dari warna merah antara lain kemarahan, bahaya, peringatan, ketidaksabaran, penderitaan atau hal-hal yang identik dengan kekerasan dan kecemasan.
Dalam psikologi warna merah merupakan simbol dari energi, gairah, action, kekuatan dan kegembiraan. Dominasi warna merah mampu merangsang indra fisik seperti meningkatkan nafsu makan dan gairah seksual.
Jika warna merah menjadi favorit, maka orang itu termasuk tipe yang sangat berwibawa dan juga senang mengayomi teman yang lemah. Walau sering kali bergaul dan bercanda tapi orang ini bisa menahan diri. Dan orang menyukai warna merah ini termasuk tipe yang sulit jatuh cinta.

2.      Kuning


Warna kuning memberi arti kehangatan dan rasa bahagia dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain. Kuning merujuk pada ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidakpastian, resah dan curiga. Yang paling dominan dari warna kuning adalah sifatnya yang menyerlah. Kuning sangat identik dengan makna-makna kemuliaan, kemasyuran, kepercayaan diri. Warna kuning dilambangkan dengan matahari sehingga sering juga dikaitkan sebagai keindahan, kehangatan, dan ilmu pengetahuan.
Warna kuning adalah warna terkuat setelah merah yang sangat intens sehingga dalam design logo atau grafis pakailah warna ini dengan sangat hati-hati dan seperlunya saja, karena bila dipakai terlalu banyak akan menimbulkan kelelahan. Warna kuning ini melambangkan perhatian, keceriaan, kebahagiaan, rasa ingin tahu, senang, dan positif. Sebagai warna yang cerah dan memiliki daya tarik yang paling tinggi dibandingkan dengan warna lain, maka warna ini sering dipakai untuk rambu lalu lintas yang melambangkan hati-hati. Selain itu, warna kuning dapat merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada blogsite yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan.
Arti positif dari warna kuning adalah terang/cerdas, energi, matahari, kreativitas, akal, dan bahagia. Sedangkan arti negatif dari warna kuning adalah penakut, tidak bertanggungjawab, dan tidak stabil. Adapun respon psikologi terkait warna kuning adalah optimis, harapan, filosofi yang dalam, ketidakjujuran, pengecut (untuk budaya Barat) dan pengkhianatan.
Seseorang yang menyukai warna kuning tergolong orang yang mudah cemas, gelisah dan sering dikuasai ketakutan, terlebih dalam menghadapi orang yang juga sedang merasa tertekan ataupun stress mereka cenderung menjadi terlalu kritis dan menghakimi.
Dari sisi psikologi keberadaan warna kuning dapat merangsang aktivitas pikiran dan mental. Warna kuning sangat baik digunakan untuk membantu penalaran secara logis dan analitis sehingga individu penyuka warna kuning cenderung lebih bijaksana dan cerdas dari sisi akademis, mereka lebih kreatif dan pandai meciptakan ide yang original.
Jika kesukaan Anda warna kuning menandakan bahwa Anda memiliki sifat optimis. Anda tipe periang dan senang bergaul, tidak memiliki penampilan yang loyo. Sifat tolong-menolong selalu ada dalam dirimu, karena menolong merupakan suatu kewajiban mutlak bagimu. Anda orang yang tidak pernah meremehkan siapapun juga, walaupun seseorang itu dungu atau bloon.

3.      Biru


Warna biru umumnya memberi efek menenangkan dan diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi, migraine serta dapat merangsang kemampuan berkomunikasi, ekspresi artistic dan juga sebagai simbol kekuatan. Didalam dunia bisnis warna biru disebut sebagai warna corporate karena hampir sebagian besar perusahaan menggunakan biru sebagai warna utamanya. Hal ini dikarenakan warna biru mampu memberi kesan profesional dan kepercayaan. Warna biru termasuk warna dingin dan membawa ketenangan bagi yang melihatnya.
Warna biru memberikan kesan komunikasi, peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual/kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan, keteraturan, tenang, kelembutan, dinamis, air, laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan, kekuatan dari alam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri, kesadaran, pesan, ide, berbagi, idealisme, persahabatan, harmoni, dan kasih sayang. Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru tidak meminta mata untuk memperhatikan. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan.
Warna biru sering dilambangkan sebagai warna yang melambangkan kejujuran, kesetiaan, harapan dan harmoni. Biru juga menggambarkan rasa tenang, berwibawa, percaya diri, kesetiaan dan kesuksesan. Cinta, spiritualisme, perlindungan dan kecantikan juga diwakili oleh warna ini. Kesan yang boleh dilihat dari penggunaan warna biru dirumah adalah ketenangan, ketenteraman dan kenyamanan. Sehingga kesannya dapat memperlambatkan denyutan jantung, menurunkan tekanan darah, menghilangkan stress, dan membuat kita dapat bernafas lebih dalam. Selain itu, warna ini juga memperluas imaginasi dan menglancarkan komunikasi antara penghuni rumah. Kerana sifatnya yang nyaman dan boleh melancarkan komunikasi, warna biru sesuai untuk diterapkan di ruang keluarga dan kamar tidur. Selain tidur akan terasa lebih nyenyak, perbincangan dengan pasangan pun akan terasa lebih lancar dan tenang. Namun bila penggunaan warna biru berlebihan kita akan mengalami kesulitan untuk bangun dipagi hari. Selain itu, terlalu banyak warna biru boleh menimbulkan rasa malas dan terasing. Namun demikian penggunaan warna biru yang tepat boleh menghilangkan stress dan menenangkan suasana hati, biru boleh digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.
Biru termasuk salah satu warna yang paling populer dalam desain logo bahkan hampir 83% orang mencantumkan warna ini sebagai salah satu warna favorit mereka. Langit dan lautan yang berwarna biru melambangkan sesuatu yang luas dan tanpa batas. Warna ini bahkan dipakai pada hampir semua logo perusahaan Top 500 Fortune diamerika serikat dan bukan hanya para pebisnis yang menyukai warna ini, para tokoh super hero seperti superman, spiderman atau wonder women selalu memakai kostum dengan aksen biru tersebut karena wibawa dan keberaniannya.
Arti positif dari warna biru adalah keheningan, mencintai, kesetiaan, keamanan, percaya, dan intelligence. Sedangkan arti negatifnya adalah kedinginan, ketakutan, dan kejantanan. Adapun respon psikologi terkait warna biru adalah kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan dan keteraturan.
 Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi warna biru tua mampu merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.
Jika Anda menyukai warna biru, maka Anda termasuk dalam tipe pemurung, selalu menyenangkan dan selalu bertindak pasif dalam segala hal. Mendambakan ketenangan dan ketentraman. Anda selalu mendapat kesulitan dalam pergaulan. Demikian pula dalam bercinta karena kamu pintar dalam  menyembunyikan perasaan.

4.      Hijau


Warna hijau adalah warna yang identik dengan alam dan mampu memberi suasana tenang dan santai. Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi warna hijau sangat membantu seseorang yang berada dalam situasi tertekan untuk menjadi lebih mampu dalam menyeimbangkan emosi dan memudahkan keterbukaan dalam berkomunikasi. Hal ini diyakini sebagai efek rileksasi dan menenangkan yang terkandung dalam warna ini. Warna hijau mampu membangkitkan emosi yang menenangkan tetapi juga dapat berarti kurang pengalaman seperti dalam kiasan “masih hijau”. Warna hijau juga termasuk dalam kelas warna dingin dan membawa kesegaran pada mata.
Warna hijau menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, alami, sehat, keberuntungan, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Warna hijau mewakili kehidupan, kesegaran, lingkungan hidup dan pembaharuan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, memenangkan pikiran, merangsang kreatifitas.
Warna hijau sering kali dikaitkan dengan kehidupan, kesuburan, alamiah dan perlindungan. Warna hijau dikaitkan dengan objek natural seperti tumbuhan. Hijau sendiri mampu memberikan kesan sejuk pada mata sama seperti warna biru dan putih. Hijau identik dengan warna moden, sangat mampu dalam menguatkan kesan futuristik dan kecanggihan teknologi.
Didalam bidang design warna hijau memiliki nilai tersendiri karena dapat memberi kesan segar dan membumi terlebih jika dikombinasikan dengan warna coklat gelap. Sebelumnya, dalam design logo grafis, warna hijau sempat mengalami penurunan peminat. Akan tetapi, akhir-akhir ini warna hijau kembali dalam panggung trend para desainer dengan slogan eco friendly dan kembali kealam. Warna hijau ini banyak dipakai dalam desain brosur, leaflet, x-banner, roll up banner, poster hingga spanduk bagi perusahaan yang ingin mencitrakan perusahaan mereka sebagai ramah lingkungan seperti green peace. Banyak unit bisnis yang sekarang mulai memakai warna hijau ini untuk menarik perhatian pelanggan dalam meningkatkan penjualan mereka karena meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya kelestariaan alam, hidup harmonis dengan alam hingga berbagai gerakan penghijauan seperti menanam seribu pohon trambesi bahkan di indonesia kesadaran akan lingkungan ini telah jauh meningkat dengan terjunnya konglemerasi dalam kegiatan yang berbau pelestarian lingkungan.
Arti positif dari warna hijau adalah uang, pertumbuhan, kesuburan, kesegaran, dan healing. Sedangkan arti negatifnya adalah iri hati, kecemburuan, kesalahan, kekacauan. Adapun respon psikologi terkait warna hijau adalah alam, sehat, keberuntungan dan pembaharuan.
Jika warna kesukaan  Anda  hijau, maka Anda adalah tipe yang sangat romantik, menyukai keindahan, menyenangi alam dengan udara yang sejuk. Anda adalah seseorang yang selalu memegang prinsip. Dalam hal bercinta Anda  mengidam-idamkan calon teman hidup yang penuh toleransi dan dapat dipercaya.

5.      Oranye


Warna oranye atau jingga atau merah jambon memberi kesan hangat dan bersemangat. Warna ini merupakan symbol dari petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi. Warna oranye sebagai peleburan dari warna merah dan kuning, sama-sama memberi efek yang kuat dan hangat.
Warna oranye menunjukkan kehangatan, energi, keseimbangan, kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu  yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Pada blog dapat meningkatkan aktifitas mental. Disamping itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.
Warna oranye sesuai untuk meningkatkan komunikasi kerana membawa keceriaan, kegembiraan kreativiti, ambitious dan rasa humor. Selain itu warna oranye juga memberikan rasa hangat dan menciptakan atmosfera yang akrab pada ruangan. Kerana sifatnya tadi, warna oranye amat sesuai jika digunakan diruang keluarga dalam rumah untuk memberikan rasa hangat dan akrab. Dapur dan ruang makan kita juga sesuai jika diberi warna oranye kerana boleh membangkitkan selera. Warna oranye di ruang kerja boleh meningkatkan kreativiti dan semangat kerja. Konsentrasi juga boleh ditingkatkan dengan warna oranye menjadi warna utama di ruang belajar. Warna oranye juga bermanfaat bagi ibu menyusui kerana meningkatkan produksi air susu. Namun patut diperhatikan pemakaian warna oranye yang berlebihan boleh menyebabkan tingkahlaku yang tidak bertanggung jawab, rasa resah dan gelisah.
Dalam design logo grafis, warna oranye atau jingga atau merah jambon ini paling luas digunakan karena banyak sekali aspek yang terwakili oleh warna ini mulai dari kreatifitas, semangat, senang, periang, semangat tinggi dan antusiasme. Warna ini banyak sekali ditemukan dalam desain logo yang ingin menciptakan kesan bermain (playfulness) dan untuk menstimulasi sensori keriangan hingga selera makan. Hal tersebut karena dipercaya dapat menambah nafsu makan sehingga warna ini banyak digunakan di rumah makan.
Arti positif dari warna oranye adalah keberanian, kepercayaan, kehangatan/keramahan, keakraban, sukses. Sedangkan arti negatifnya ialah ketidak-tahuan, melempem. Adapun respon psikologi terhadap warna oranye adalah energi, keseimbangan, kehangatan.
Namun sekedar catatan bahwa warna oranye juga dapat memberi kesan murah jika digunakan terlalu dominan, karena warna ini memberi kesan mudah untuk dijangkau. Warna yang baik untuk dipasangkan dengan warna oranye diantaranya adalah warna ungu atau biru karena akan memberi kesan unik dan berkelas.

6.      Ungu


Warna ungu atau violet atau gandaria menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, transformasi,  kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan/keangkuhan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri. Warna ungu banyak dipakai dikalangan kerajaan atau bangsawan, serta pemimpin-pemimpin romawi kuno. Hal ni dikarenakan pada zaman dahulu warna ini terasosiasi dengan kerajaan dan mewah karena proses pembuatan warna ungu ini sangatlah sulit, karena itulah dahulu hanya golongan bangsawan saja yang memakai warna ungu yang begitu memukau itu.
Warna ungu memberi ketenangan dan menyejukkan. Seringkali dikaitkan dengan kesan yang berhubungan tentang wawasan yang luas, martabat, kehormatan, intuisi, dan sejahtera bahkan kesan anggun. Pengaruh warna ini dapat menginspirasikan fikiran dan membuat hati lebih tenang. Kerana sifatnya yang tenang dan menyejukkan, ruang kerja dan ruang tidur sangat sesuai jika diberi warna ungu. Sebaliknya warna ungu tidak tepat untuk ruang tempat beraktiviti. Yang unik, warna ungu sangat sesuai untuk anda yang sedang menjalani diet kerana mampu mengurangi rasa lapar. Warna ungu juga sesuai untuk mengawal rasa marah dan boleh menenangkan hati.  
Arti positif dari warna ungu adalah megah, indah dan anggun. Sedangkan arti makna negatifnya adalah iri hati dan sombong. Adapun respon psikologi terhadap warna ungu adalah spiritual, misteri, kebangsawanan, transformasi, kekasaran dan keangkuhan.
Jika warna ungu  menjadi warna favoritmu maka Anda adalah tipe yang benar-benar luar biasa. Dalam menghadapi masa depan Anda tidak pernah ragu-ragu. Apa yang dikerjakan Anda adalah yang terbaik. Anda pandai benar dalam mengikuti perkembangan zaman. Dalam bercinta, hanya merekalah yang kuat mental yang bisa mendekati dan menjadi kekasihmu.

7.      Coklat


Warna coklat adalah salah satu warna yang mengandung unsur bumi. Dominasi warna ini akan memberi kesan hangat, nyaman dan aman. Kelebihan lainnya adalah warna coklat dapat menimbulkan kesan modern, canggih dan mahal karena kedekatannya dengan warna emas. Warna coklat juga menunjukkan persahabatan, kejadian yang khusus, tanah/bumi, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras, kepercayaan, daya tahan, kesenangan, kesederhanaan, membumi, rendah hati, terpercaya dan serius.
Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu. Coklat harus didukung ornament lain agar menarik. Warna coklat adalah warna yang kesannya paling dekat dengan bumi sehingga membuat kita merasa dekat. Cokelat bisa menjadi sumber energi yang konstan, serta membuat kita merasa kuat. Warna ini mewakili rasa aman, komitmen dan kepercayaan. Coklat juga memberikan rasa hangat dan nyaman. Kerana sifatnya yang membumi, warna coklat sangat sesuai digunakan di ruang keluarga. Namun agar tidak kelihatan gelap, kita mesti mengkombinasikan warna coklat dengan perabot yang berwarna terang. Pintu masuk juga sangat tepat jika diberi warna coklat kerana memberi kesan menyambut tetamu. Warna coklat juga menimbulkan kesan kepercayaan dan komitmen. Ruang kerja juga sesuai dengan warna coklat. Suasana hati boleh menjadi lebih tenang kerana warna coklat memberikan kesan aman dan kuat. Secara psikologis warna coklat akan memberi kesan kuat dan dapat diandalkan.
Salah satu logo terkenal yang memakai warna coklat adalah UPS sebuah perusahaan pengiriman barang ekspedisi karena warna ini juga melambangkan daya tahan. Adapun design logo yang tepat untuk warna coklat adalah usaha seperti firma hukum.
Arti positif dari warna coklat adalah ramah, bumi, keluar rumah, umur panjang, dan konservatif. Sedangkan arti negatif: dogmatis, konservatif. Adapun respon psikologi terkait warna coklat adalah tanah/bumi, reliability, keselesaan, dan daya tahan.

8.      Merah Muda


Warna pink menunjukkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminin, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, perasaan yang halus, perasaan yang manis dan indah. Pink adalah warna hasil campuran merah dengan putih dan seringkali disebut sebagai merah muda  merah muda. Namun lebih tepat jika dijelaskan sebagai warna merah yang memudar. Mengapa demikian? Alasannya adalah; karena pada ahli warna telah menemukan berbagai turunan spektrum warna pink ini.
Merah muda mewakili bagian feminin dari kehidupan manusia yang menggambarkan kelembutan dan cinta. Terkadang warna ini selain dianggap romantis juga terasosiasi dengan sifat kekanak-kanakan. Merah muda adalah varian lembut dari warna merah dan sering dimanfaatkan untuk menambahkan kesan feminin dalam sebuah logo. Selain itu warna merah muda atau pink ini dapat pula melambangkan perasaan yang halus, kewanitaan dan kemurnian.
Seiring perubahan zaman, warna merah muda kemudian ditempeli berbagai makna, bahkan menjadi simbol/lambang, seperti Pink Ribbon Campaign (gerakan memerangi kanker payudara) yang menggunakan warna merah muda pada lambang gerakannya sejak tahun 2000. Merah muda juga sudah sejak lama diasosiasikan dengan perempuan dan feminisme, bayi dan anak balita perempuan cenderung diberi pakaian dan aksesori berwarna merah muda.
Arti positif dari warna merah muda adalah sehat, bahagia, feminin, rasa kasihan, manis, dan suka melucu. Sementara arti negatifny kelemahan, kewanitaan, dan ketidakdewasaan.

9.      Abu – abu


Warna abu-abu mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan, profesional, kualitas, diam, tenang, masa depan (millennium). Abu-abu merupakan warna yang bijaksana, kedewasaan, tidak egois, tenang dan seimbang. Selain itu warna abu-abu juga bisa mengandung arti lamban, kuno, lemah, mandul.
Abu-abu termasuk warna netral karena tidak menunjukkan arti yang jelas, tidak terang dan sama sekali terbebas dari kecenderungan psikologi. Abu-abu juga dapat menciptakan kesan misterius, namun juga mententramkan dan menimbulkan perasaan damai. Kesan yang lain dari abu-abu antara lain adalah independen dan stabil, menciptakan keheningan dan kesan luas. Abu-abu juga terkesan dingin, kaku dan tidak komunikatif.
Arti positif dari warna abu – abu adalah keamanan, keandalan, kecerdasan/inteligen (intelek), padat, dan konservatif. Sedangkan arti  negatifnya muram, sedih, dan juga konservatif. Adapun respon psikologi terkait warna abu-abu adalah intelek, masa depan, kesederhanaan dan kesedihan.
Orang yang menyukai warna abu-abu tergolong bijaksana, dewasa, tidak egois, tenang, dan seimbang. Warna abu-abu juga mengandung arti lamban, kuno, lemah, kehabisan energi, dan kotor. Karena warnanya tergolong netral atau seimbang, warna ini banyak dipakai untuk warna alat-alat elektronik, kendaraan, perangkat dapur, dan rumah.

10.  Putih


Salah satu kelebihan warna putih adalah kemampuannya untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Ini dikarenakan warna putih memberi kesan kebebasan dan keterbukaan. Kekurangan warna putih adalah dapat memberi rasa sakit kepala dan mata lelah jika warna ini terlalu mendominasi. Bagi pekerja kesehatan, warna putih memberi kesan steril. Putih sebagai warna yang murni dan tidak menggunakan campuran apapun memberi arti yang suci dan bersih. Untuk design yang minimalis penggunaan warna putih dapat menjadi pilihan yang tepat.
Warna putih menunjukkan kedamaian, permohonan maaf, pencapaian diri, spiritualitas, kedewaan, keperawanan atau kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, tak bersalah, keamanan, persatuan. Warna putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi kesan kesederhanaan dan kebersihan. Warna putih juga mempunyai arti sebagai simbol kesucian, karena sering digunakan pada upacara pernikahan, juga ketepatan, ketidak bersalahan, kebersihan, dan banyak digunakan di rumah-rumah sakit sebagai tanda kesetrilan.
Arti positif dari warna putih antara lain kebaikan, keadaan tak bersalah, kemurnian, segar, gampang, dan bersih. Sedangkan arti  negatifnya ialah musim dingin, dingin, dan jauh.
Jika Anda menyukai warna putih, makaAnda adalah orang yang dilahirkan ke dunia dengan sempurna, banyak orang mengagumi Anda karena sifat anggun, idealis dan moralis yang teramat tinggi. Tak pernah angkuh, senang menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan Anda.

11.  Hitam


Warna hitam seringkali digunakan untuk menunjukkan kekuatan dan ketegasan seseorang. Warna hitam sendiri melambangkan keberanian, ketenangan, domisi, keteguhan, perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidakbahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar, harga diri, anti kemapanan, seksualitas, kecanggihan.
Warna hitam juga merupakan lambang kematian, karena itu kebanyakan bangsa-bangsa di dunia mengenakan pakaian warna hitam pada waktu upacara kematian. Hitam sendiri mempunyai tafsir yang sangat banyak karena warna ini merupakan kombinasi dari semua warna. Yang paling umum dari pemaknaan warna hitam adalah kesan misterius. Seperti yang terdapat dalam film-film fiksi, hantu, penyihir, dan mahkluk jadi-jadian sering digambarkan dengan kostum dan atribut yang serba hitam.
Warna hitam adalah warna yang akan memberi kesan suram, gelap dan menakutkan namun juga elegan. Karena itu elemen apapun jika dikombinasikan dengan warna hitam akan terlihat menarik. Banyak kemasan menggunakan warna hitam untuk memberi kesan elegan dan anggun. Warna hitam sangat tepat untuk menambahkan kesan  misteri. Latar belakang warna hitam dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan  karya seni atau fotografi karena membantu  penekanan pada warna-warna lain.
Hitam banyak dipakai dalam logo yang melambangkan teknologi, kecanggihan, klasik, konservatif. Warna hitam termasuk salah satu dari warna netral yang hampir dapat dipastikan cocok dengan warna lain apapun.
Arti positif dari warna hitam adalah perlindungan, dramatis, serius, bergaya/anggun, formalitas. Sedangkan arti negatifnya adalah kerahasiaan, kematian, kejahatan/ malapetaka, kegaiban. Adapun respon psikologi terkait warna tersebut ialah power, seksualiti, kecanggihan, kematian, misteri, ketakutan, kesedihan, dan keanggunan.
Jika seseorang menyukai warna hitam, maka ia termasuk kedalam tipe orang yang sangat lincah dalam hal-hal tertentu saja. Jika ia berada di lingkungan yang tidak disukai, maka ia akan menjadi murung. Seseorang yang menyukai warna hitam lebih menyukai yang alami, selalu tampil menarik, rapi, cukup banyak lawan jenis berusaha mengejar dan merebut cintanya. Ia merupakan orang yang cuek dan tidak memikirkan omongan orang terhadap dirinya. Baginya asal dia nyaman dia akan melakukan apapun yang mereka suka. Dalam pergaulan mereka cukup enak diajak berteman karena dapat memberikan solusi dalam masalah teman-temannya. 


***

Sebenarnya, masih banyak lagi makna filosofis dari pelbagai warna yang ada di dunia ini. Akan tetapi, karena sulitnya menginterpretasi dan mencari sumber referensi hanya beberapa warna diataslah yang bisa dicari makna filosofisnya. Untungnya warna yang didapat makna filosofisnya adalah warna dasar, yaitu merah, biru, kuning dan hijau. Keempat itu merupakan warna primer dari seluruh warna yang ada di dunia ini. Karena keempat itu pula warna-warna indah lainnya dilahirkan seperti putih, hitam, ungu, coklat, abu-abu, oranya dan masih banyak lagi.
Dengan adanya informasi ini, semoga kita sama-sama dapat belajar dan menjadi lebih pintar dalam padu padankan warna, namun yang lebih penting adalah menjadi lebih mengerti karakter pribadi teman-teman sekalian. Dari sini kita bisa mengerti apa warna yang paling sesuai dengan kita dan bagaimana cara menyeimbangkan warna tersebut sehingga karakter keras yang cenderung negatif dapat diresidu menjadi karakter yang lebih positif.
Begitu juga dalam pemilihan warna dalam mendesign logo, pemilihan warna cat rumah, maupun pakaian dan aksesoris yang tepat. Toh segala sesuatu dalam hidup kita tidak pernah lepas dari warna bukan? Satu hal yang patut diingat adalah psikologi warna dan efek emosinalnya terkait erat dengan budaya dan proses penciptaan dan pencitraanya berubah sepanjang waktu dan tempat.

Wallahu A’lam
Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang pandai bersyukur (Amin yaa Rabb)

1 komentar:

  1. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515

    sabung ayam
    agen terpercaya
    bandar judi

    BalasHapus