Pelbagai warna sering mendominasi pengelihatan mata dalam kehidupan
sehari-hari. Banyak orang yang mengidentikkan warna dengan karakter seseorang,
lambang organisasi, perkumpulan, hingga negara. Masing-masing warna tentu
memiliki makna filosofis tersendiri.
Misal saja warna emas yang mencerminkan kedudukan, kesehatan,
keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati,
kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi. Warna emas yang
diambil dari warna logam mulia ini menyimbolkan keabadian dan kelas elite dalam
tatanan sosial masyarakat. Arti positif dari warna emas adalah kekayaan,
kemakmuran, berharga, dan tradisional. Sedangkan arti negatifnya ialah
ketamakan, dan pemimpi.
Warna lain yang sering disandingkan dengan warna emas adalah warna perak.
seseorang yang menyukai warna perak memberi kesan imajinatif dan menyenangkan.
Suka mencoba hal-hal baru, suka menantang diri sendiri dan cepat belajar akan
sesuatu. Pribadi yang mudah diajak bicara dan penuh dengan nasihat-nasihat
baik. Dalam hubungan persahabatan, tak mudah percaya pada seseorang, namun saat
menemukan seseorang yang tepat dalam hidupnya ia akan mempercayai mereka
selamanya. Arti positif dari warna perak adalah glamor, tinggi, anggun, dan
sleek. Sedangkan arti negatifnya adalah pengkhayal, dan tidak tulus.
Sebagai contoh warna filosofi sebuah lambang, kita tahu Bendera Negara
Republik Indonesia, Sangsaka Merah Putih, ternyata memiliki makna filosofis
bernani karena benar. Warna merah dan putih telah dikenal oleh nenek moyang
bangsa Indonesia sejak sekitar 6.000 tahun yang lalu. Warna merah melambangkan
warna yang dapat menahan hawa jahat, sedangkan warna putih melambangkan
kebersihan dan kesucian hati ksatria. Warna merah berarti berani, dan putih
berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan
jiwa manusia. Pada saat perjuangan kemerdekaan, warna merah dan putih
melambangkan keberanian dan ketulusan bunga bangsa dalam mempertahankan ibu
pertiwi yang merupakan nyawa bagi suatu bangsa. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan
untuk Indonesia tercinta.
Pada asalnya, warna terbagi menjadi tiga golongan, yaitu:
1.
Warna Dasar (Primer)
Warna dasar sendiri terdiri dari dua golongan. Golongan pertama
terdiri dari tiga warna dasar yaitu merah, kuning dan biru. Golongan kedua
terdiri dari tiga warna dasar juga yaitu merah, hijau dan biru.
Golongan pertama digunakan sebagai warna dasar untuk melihat benda
dan golongan kedua untuk melihat cahaya (warna dasar yang terlihat saat kita
menonton TV ataupun layar monitor dikomputer).
2.
Warna Sekunder
Warna sekunder dihasilkan dari percampuran dua jenis warna dasar.
Contohnya adalah penggabungan dari merah dan kuning akan berubah menjadi oranye
(kuning genteng).
3.
Warna Tersier
Warna tersier merupakan hasil dari penggabungan warna sekunder
dengan satu jenis warna primer. Contohnya adalah penggabungan dari warna oranye
dan merah akan berubah menjadi merah oranye.
Sebelum dibahas tentang makna masing-masing warna, maka warna dapat
dikelompokkan menjadi tiga, yaitu warna-warna sejuk, warna-warna hangat dan
warna-warna netral. Warna-warna yang termasuk warna-warna sejuk antara lain
biru, hijau, pirus dan perak. Kemudian, warna-warna yang termasuk warna hangat
antara lain: merah, merah muda, kuning orange, warna ungu, dan emas. Terakhir,
warna-warna yang termasuk warna netral antara lain: coklat, gading, kelabu, putih dan hitam.
So,
let`s check it out guys…
1. Merah
Warna merah memberi arti gairah dan memberi energi dan menyerukan
terlaksananya suatu tindakan. Merah melambangkan kesan energi, kekuatan,
hasrat, erotisme, keberanian, agresi, nafsu, kehangatan, simbol dari api,
pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian,
perang, bahaya, kecepatan, panas, kekerasan. Warna ini dapat menyampaikan
kecenderungan untuk menampilkan gambar dan teks secara lebih besar dan dekat.
warna merah dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar. Merah
cocok untuk tema yang menunjukkan keberanian seseorang. energi misal mobil,
kendaraan bermotor, olahraga dan permainan. Dalam budaya oriental, merah sangat
disukai karena memiliki arti bahagia.
Warna merah juga dikenal sebagai warna yang kuat dan sering
digunakan dalam desain logo untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan terbukti
dapat meningkatkan gairah, rasa lapar hingga meningkatkan tekanan darah dan
kadar adrenalin dalam darah. Untuk menjaga keseimbangannya warna merah baik
jika dipadukan dengan warna biru muda.
Arti positif warna merah adalah cinta, energi, kuasa,
kekuatan, panas, dan kehangatan. Sedangkan
contoh arti negatif dari warna merah antara lain kemarahan, bahaya, peringatan,
ketidaksabaran, penderitaan atau hal-hal yang identik dengan kekerasan dan
kecemasan.
Dalam psikologi warna merah merupakan simbol dari energi, gairah,
action, kekuatan dan kegembiraan. Dominasi warna merah mampu merangsang indra
fisik seperti meningkatkan nafsu makan dan gairah seksual.
Jika warna merah menjadi favorit, maka orang itu termasuk tipe yang
sangat berwibawa dan juga senang mengayomi teman yang lemah. Walau sering kali
bergaul dan bercanda tapi orang ini bisa menahan diri. Dan orang menyukai warna
merah ini termasuk tipe yang sulit jatuh cinta.
2. Kuning
Warna kuning memberi arti kehangatan dan rasa bahagia dan seolah
ingin menimbulkan hasrat untuk bermain. Kuning merujuk pada ingatan, imajinasi
logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan,
loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan,
kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme,
imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidakpastian, resah dan curiga. Yang
paling dominan dari warna kuning adalah sifatnya yang menyerlah. Kuning sangat
identik dengan makna-makna kemuliaan, kemasyuran, kepercayaan diri. Warna kuning
dilambangkan dengan matahari sehingga sering juga dikaitkan sebagai keindahan,
kehangatan, dan ilmu pengetahuan.
Warna kuning adalah warna terkuat setelah merah yang sangat intens
sehingga dalam design logo atau grafis pakailah warna ini dengan sangat
hati-hati dan seperlunya saja, karena bila dipakai terlalu banyak akan menimbulkan
kelelahan. Warna kuning ini melambangkan perhatian, keceriaan, kebahagiaan, rasa
ingin tahu, senang, dan positif. Sebagai warna yang cerah dan memiliki daya
tarik yang paling tinggi dibandingkan dengan warna lain, maka warna ini sering
dipakai untuk rambu lalu lintas yang melambangkan hati-hati. Selain itu, warna
kuning dapat merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif
digunakan pada blogsite yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan.
Arti positif dari warna kuning adalah terang/cerdas, energi,
matahari, kreativitas, akal, dan bahagia. Sedangkan arti negatif dari warna
kuning adalah penakut, tidak bertanggungjawab, dan tidak stabil. Adapun respon
psikologi terkait warna kuning adalah optimis, harapan, filosofi yang dalam, ketidakjujuran,
pengecut (untuk budaya Barat) dan pengkhianatan.
Seseorang yang menyukai warna kuning tergolong orang yang mudah
cemas, gelisah dan sering dikuasai ketakutan, terlebih dalam menghadapi orang
yang juga sedang merasa tertekan ataupun stress mereka cenderung menjadi
terlalu kritis dan menghakimi.
Dari sisi psikologi keberadaan warna kuning dapat merangsang
aktivitas pikiran dan mental. Warna kuning sangat baik digunakan untuk membantu
penalaran secara logis dan analitis sehingga individu penyuka warna kuning
cenderung lebih bijaksana dan cerdas dari sisi akademis, mereka lebih kreatif
dan pandai meciptakan ide yang original.
Jika kesukaan Anda warna kuning menandakan bahwa Anda memiliki
sifat optimis. Anda tipe periang dan senang bergaul, tidak memiliki penampilan
yang loyo. Sifat tolong-menolong selalu ada dalam dirimu, karena menolong
merupakan suatu kewajiban mutlak bagimu. Anda orang yang tidak pernah
meremehkan siapapun juga, walaupun seseorang itu dungu atau bloon.
3. Biru
Warna biru umumnya memberi efek menenangkan dan diyakini mampu
mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi, migraine serta dapat
merangsang kemampuan berkomunikasi, ekspresi artistic dan juga sebagai simbol
kekuatan. Didalam dunia bisnis warna biru disebut sebagai warna corporate
karena hampir sebagian besar perusahaan menggunakan biru sebagai warna
utamanya. Hal ini dikarenakan warna biru mampu memberi kesan profesional dan
kepercayaan. Warna biru termasuk warna dingin dan membawa ketenangan bagi yang
melihatnya.
Warna biru memberikan kesan komunikasi, peruntungan yang baik,
kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual/kepercayaan, konservatif,
keamanan, teknologi, kebersihan, keteraturan, tenang, kelembutan, dinamis, air,
laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian,
panutan, kekuatan dari alam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri,
kesadaran, pesan, ide, berbagi, idealisme, persahabatan, harmoni, dan kasih
sayang. Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru tidak
meminta mata untuk memperhatikan. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat
menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna biru juga dapat menampilkan
kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika
digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan
dan kesehatan.
Warna biru sering dilambangkan sebagai warna yang melambangkan
kejujuran, kesetiaan, harapan dan harmoni. Biru juga menggambarkan rasa tenang,
berwibawa, percaya diri, kesetiaan dan kesuksesan. Cinta, spiritualisme,
perlindungan dan kecantikan juga diwakili oleh warna ini. Kesan yang boleh
dilihat dari penggunaan warna biru dirumah adalah ketenangan, ketenteraman dan
kenyamanan. Sehingga kesannya dapat memperlambatkan denyutan jantung,
menurunkan tekanan darah, menghilangkan stress, dan membuat kita dapat bernafas
lebih dalam. Selain itu, warna ini juga memperluas imaginasi dan menglancarkan
komunikasi antara penghuni rumah. Kerana sifatnya yang nyaman dan boleh
melancarkan komunikasi, warna biru sesuai untuk diterapkan di ruang keluarga
dan kamar tidur. Selain tidur akan terasa lebih nyenyak, perbincangan dengan
pasangan pun akan terasa lebih lancar dan tenang. Namun bila penggunaan warna
biru berlebihan kita akan mengalami kesulitan untuk bangun dipagi hari. Selain
itu, terlalu banyak warna biru boleh menimbulkan rasa malas dan terasing. Namun
demikian penggunaan warna biru yang tepat boleh menghilangkan stress dan
menenangkan suasana hati, biru boleh digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.
Biru termasuk salah satu warna yang paling populer dalam desain
logo bahkan hampir 83% orang mencantumkan warna ini sebagai salah satu warna
favorit mereka. Langit dan lautan yang berwarna biru melambangkan sesuatu yang
luas dan tanpa batas. Warna ini bahkan dipakai pada hampir semua logo
perusahaan Top 500 Fortune diamerika serikat dan bukan hanya para pebisnis yang
menyukai warna ini, para tokoh super hero seperti superman, spiderman atau
wonder women selalu memakai kostum dengan aksen biru tersebut karena wibawa dan
keberaniannya.
Arti positif dari warna biru adalah keheningan, mencintai,
kesetiaan, keamanan, percaya, dan intelligence. Sedangkan arti negatifnya
adalah kedinginan, ketakutan, dan kejantanan. Adapun respon psikologi terkait
warna biru adalah kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan dan
keteraturan.
Berdasarkan cara pandang
ilmu psikologi warna biru tua mampu merangsang pemikiran yang jernih dan biru
muda membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.
Jika Anda menyukai warna biru, maka Anda termasuk dalam tipe
pemurung, selalu menyenangkan dan selalu bertindak pasif dalam segala hal.
Mendambakan ketenangan dan ketentraman. Anda selalu mendapat kesulitan dalam
pergaulan. Demikian pula dalam bercinta karena kamu pintar dalam menyembunyikan perasaan.
4. Hijau
Warna hijau adalah warna yang identik dengan alam dan mampu memberi
suasana tenang dan santai. Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi warna hijau
sangat membantu seseorang yang berada dalam situasi tertekan untuk menjadi
lebih mampu dalam menyeimbangkan emosi dan memudahkan keterbukaan dalam
berkomunikasi. Hal ini diyakini sebagai efek rileksasi dan menenangkan yang
terkandung dalam warna ini. Warna hijau mampu membangkitkan emosi yang menenangkan
tetapi juga dapat berarti kurang pengalaman seperti dalam kiasan “masih hijau”.
Warna hijau juga termasuk dalam kelas warna dingin dan membawa kesegaran pada
mata.
Warna hijau menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan,
keajaiban, tanaman dan pohon, alami, sehat, keberuntungan, kesuburan,
pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan,
ketergantungan dan persahabatan. Warna hijau mewakili kehidupan, kesegaran,
lingkungan hidup dan pembaharuan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir
mata, memenangkan pikiran, merangsang kreatifitas.
Warna hijau sering kali dikaitkan dengan kehidupan, kesuburan,
alamiah dan perlindungan. Warna hijau dikaitkan dengan objek natural seperti
tumbuhan. Hijau sendiri mampu memberikan kesan sejuk pada mata sama seperti
warna biru dan putih. Hijau identik dengan warna moden, sangat mampu dalam
menguatkan kesan futuristik dan kecanggihan teknologi.
Didalam bidang design warna hijau memiliki nilai tersendiri karena
dapat memberi kesan segar dan membumi terlebih jika dikombinasikan dengan warna
coklat gelap. Sebelumnya, dalam design logo grafis, warna hijau sempat
mengalami penurunan peminat. Akan tetapi, akhir-akhir ini warna hijau kembali
dalam panggung trend para desainer dengan slogan eco friendly dan kembali
kealam. Warna hijau ini banyak dipakai dalam desain brosur, leaflet, x-banner,
roll up banner, poster hingga spanduk bagi perusahaan yang ingin mencitrakan
perusahaan mereka sebagai ramah lingkungan seperti green peace. Banyak unit
bisnis yang sekarang mulai memakai warna hijau ini untuk menarik perhatian
pelanggan dalam meningkatkan penjualan mereka karena meningkatnya kesadaran
konsumen akan pentingnya kelestariaan alam, hidup harmonis dengan alam hingga
berbagai gerakan penghijauan seperti menanam seribu pohon trambesi bahkan di
indonesia kesadaran akan lingkungan ini telah jauh meningkat dengan terjunnya
konglemerasi dalam kegiatan yang berbau pelestarian lingkungan.
Arti positif dari warna hijau adalah uang, pertumbuhan, kesuburan,
kesegaran, dan healing. Sedangkan arti negatifnya adalah iri hati, kecemburuan,
kesalahan, kekacauan. Adapun respon psikologi terkait warna hijau adalah alam,
sehat, keberuntungan dan pembaharuan.
Jika warna kesukaan
Anda hijau, maka Anda adalah tipe
yang sangat romantik, menyukai keindahan, menyenangi alam dengan udara yang
sejuk. Anda adalah seseorang yang selalu memegang prinsip. Dalam hal bercinta
Anda mengidam-idamkan calon teman hidup
yang penuh toleransi dan dapat dipercaya.
5. Oranye
Warna oranye atau jingga atau merah jambon memberi kesan hangat dan
bersemangat. Warna ini merupakan symbol dari petualangan, optimisme, percaya
diri dan kemampuan dalam bersosialisasi. Warna oranye sebagai peleburan dari
warna merah dan kuning, sama-sama memberi efek yang kuat dan hangat.
Warna oranye menunjukkan kehangatan, energi, keseimbangan,
kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan,
kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Pada
blog dapat meningkatkan aktifitas mental. Disamping itu warna Orange memberi
kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.
Warna oranye sesuai untuk meningkatkan komunikasi kerana membawa
keceriaan, kegembiraan kreativiti, ambitious dan rasa humor. Selain itu warna oranye
juga memberikan rasa hangat dan menciptakan atmosfera yang akrab pada ruangan.
Kerana sifatnya tadi, warna oranye amat sesuai jika digunakan diruang keluarga
dalam rumah untuk memberikan rasa hangat dan akrab. Dapur dan ruang makan kita
juga sesuai jika diberi warna oranye kerana boleh membangkitkan selera. Warna oranye
di ruang kerja boleh meningkatkan kreativiti dan semangat kerja. Konsentrasi
juga boleh ditingkatkan dengan warna oranye menjadi warna utama di ruang
belajar. Warna oranye juga bermanfaat bagi ibu menyusui kerana meningkatkan
produksi air susu. Namun patut diperhatikan pemakaian warna oranye yang
berlebihan boleh menyebabkan tingkahlaku yang tidak bertanggung jawab, rasa
resah dan gelisah.
Dalam design logo grafis, warna oranye atau jingga atau merah
jambon ini paling luas digunakan karena banyak sekali aspek yang terwakili oleh
warna ini mulai dari kreatifitas, semangat, senang, periang, semangat tinggi
dan antusiasme. Warna ini banyak sekali ditemukan dalam desain logo yang ingin
menciptakan kesan bermain (playfulness) dan untuk menstimulasi sensori
keriangan hingga selera makan. Hal tersebut karena dipercaya dapat menambah
nafsu makan sehingga warna ini banyak digunakan di rumah makan.
Arti positif dari warna oranye adalah keberanian, kepercayaan,
kehangatan/keramahan, keakraban, sukses. Sedangkan arti negatifnya ialah
ketidak-tahuan, melempem. Adapun respon psikologi terhadap warna oranye adalah energi,
keseimbangan, kehangatan.
Namun sekedar catatan bahwa warna oranye juga dapat memberi kesan
murah jika digunakan terlalu dominan, karena warna ini memberi kesan mudah
untuk dijangkau. Warna yang baik untuk dipasangkan dengan warna oranye
diantaranya adalah warna ungu atau biru karena akan memberi kesan unik dan
berkelas.
6. Ungu
Warna ungu atau violet atau gandaria menunjukkan pengaruh,
pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi
yang tinggi, transformasi,
kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati,
arogan/keangkuhan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau
keajaiban, harga diri. Warna ungu banyak dipakai dikalangan kerajaan atau
bangsawan, serta pemimpin-pemimpin romawi kuno. Hal ni dikarenakan pada zaman
dahulu warna ini terasosiasi dengan kerajaan dan mewah karena proses pembuatan
warna ungu ini sangatlah sulit, karena itulah dahulu hanya golongan bangsawan
saja yang memakai warna ungu yang begitu memukau itu.
Warna ungu memberi ketenangan dan menyejukkan. Seringkali dikaitkan
dengan kesan yang berhubungan tentang wawasan yang luas, martabat, kehormatan,
intuisi, dan sejahtera bahkan kesan anggun. Pengaruh warna ini dapat
menginspirasikan fikiran dan membuat hati lebih tenang. Kerana sifatnya yang
tenang dan menyejukkan, ruang kerja dan ruang tidur sangat sesuai jika diberi
warna ungu. Sebaliknya warna ungu tidak tepat untuk ruang tempat beraktiviti.
Yang unik, warna ungu sangat sesuai untuk anda yang sedang menjalani diet
kerana mampu mengurangi rasa lapar. Warna ungu juga sesuai untuk mengawal rasa
marah dan boleh menenangkan hati.
Arti positif dari warna ungu adalah megah, indah dan anggun.
Sedangkan arti makna negatifnya adalah iri hati dan sombong. Adapun respon psikologi
terhadap warna ungu adalah spiritual, misteri, kebangsawanan, transformasi, kekasaran
dan keangkuhan.
Jika warna ungu menjadi
warna favoritmu maka Anda adalah tipe yang benar-benar luar biasa. Dalam
menghadapi masa depan Anda tidak pernah ragu-ragu. Apa yang dikerjakan Anda
adalah yang terbaik. Anda pandai benar dalam mengikuti perkembangan zaman.
Dalam bercinta, hanya merekalah yang kuat mental yang bisa mendekati dan
menjadi kekasihmu.
7. Coklat
Warna coklat adalah salah satu warna yang mengandung unsur bumi.
Dominasi warna ini akan memberi kesan hangat, nyaman dan aman. Kelebihan
lainnya adalah warna coklat dapat menimbulkan kesan modern, canggih dan mahal
karena kedekatannya dengan warna emas. Warna coklat juga menunjukkan
persahabatan, kejadian yang khusus, tanah/bumi, pemikiran yang materialis,
reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras, kepercayaan, daya
tahan, kesenangan, kesederhanaan,
membumi, rendah hati, terpercaya dan serius.
Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan
gambar dan ornamen tertentu. Coklat harus didukung ornament lain agar menarik. Warna
coklat adalah warna yang kesannya paling dekat dengan bumi sehingga membuat
kita merasa dekat. Cokelat bisa menjadi sumber energi yang konstan, serta
membuat kita merasa kuat. Warna ini mewakili rasa aman, komitmen dan
kepercayaan. Coklat juga memberikan rasa hangat dan nyaman. Kerana sifatnya
yang membumi, warna coklat sangat sesuai digunakan di ruang keluarga. Namun
agar tidak kelihatan gelap, kita mesti mengkombinasikan warna coklat dengan
perabot yang berwarna terang. Pintu masuk juga sangat tepat jika diberi warna
coklat kerana memberi kesan menyambut tetamu. Warna coklat juga menimbulkan
kesan kepercayaan dan komitmen. Ruang kerja juga sesuai dengan warna coklat.
Suasana hati boleh menjadi lebih tenang kerana warna coklat memberikan kesan
aman dan kuat. Secara psikologis warna coklat akan memberi kesan kuat dan dapat
diandalkan.
Salah satu logo terkenal yang memakai warna coklat adalah UPS
sebuah perusahaan pengiriman barang ekspedisi karena warna ini juga
melambangkan daya tahan. Adapun design logo yang tepat untuk warna coklat
adalah usaha seperti firma hukum.
Arti positif dari warna coklat adalah ramah, bumi, keluar rumah,
umur panjang, dan konservatif. Sedangkan arti negatif: dogmatis, konservatif. Adapun
respon psikologi terkait warna coklat adalah tanah/bumi, reliability,
keselesaan, dan daya tahan.
8. Merah
Muda
Warna pink menunjukkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan,
feminin, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, perasaan yang halus,
perasaan yang manis dan indah. Pink adalah warna hasil campuran merah dengan
putih dan seringkali disebut sebagai merah muda
merah muda. Namun lebih tepat jika dijelaskan sebagai warna merah yang
memudar. Mengapa demikian? Alasannya adalah; karena pada ahli warna telah
menemukan berbagai turunan spektrum warna pink ini.
Merah muda mewakili bagian feminin dari kehidupan manusia yang
menggambarkan kelembutan dan cinta. Terkadang warna ini selain dianggap
romantis juga terasosiasi dengan sifat kekanak-kanakan. Merah muda adalah
varian lembut dari warna merah dan sering dimanfaatkan untuk menambahkan kesan
feminin dalam sebuah logo. Selain itu warna merah muda atau pink ini dapat pula
melambangkan perasaan yang halus, kewanitaan dan kemurnian.
Seiring perubahan zaman, warna merah muda kemudian ditempeli
berbagai makna, bahkan menjadi simbol/lambang, seperti Pink Ribbon Campaign (gerakan
memerangi kanker payudara) yang menggunakan warna merah muda pada lambang
gerakannya sejak tahun 2000. Merah muda juga sudah sejak lama diasosiasikan
dengan perempuan dan feminisme, bayi dan anak balita perempuan cenderung diberi
pakaian dan aksesori berwarna merah muda.
Arti positif dari warna merah muda adalah sehat, bahagia, feminin,
rasa kasihan, manis, dan suka melucu. Sementara arti negatifny kelemahan,
kewanitaan, dan ketidakdewasaan.
9. Abu
– abu
Warna abu-abu mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius,
kesederhanaan, kedewasaaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan,
profesional, kualitas, diam, tenang, masa depan (millennium). Abu-abu merupakan
warna yang bijaksana, kedewasaan, tidak egois, tenang dan seimbang. Selain itu
warna abu-abu juga bisa mengandung arti lamban, kuno, lemah, mandul.
Abu-abu termasuk warna netral karena tidak menunjukkan arti yang
jelas, tidak terang dan sama sekali terbebas dari kecenderungan psikologi. Abu-abu
juga dapat menciptakan kesan misterius, namun juga mententramkan dan
menimbulkan perasaan damai. Kesan yang lain dari abu-abu antara lain adalah
independen dan stabil, menciptakan keheningan dan kesan luas. Abu-abu juga
terkesan dingin, kaku dan tidak komunikatif.
Arti positif dari warna abu – abu adalah keamanan, keandalan,
kecerdasan/inteligen (intelek), padat, dan konservatif. Sedangkan arti negatifnya muram, sedih, dan juga konservatif.
Adapun respon psikologi terkait warna abu-abu adalah intelek, masa depan,
kesederhanaan dan kesedihan.
Orang yang menyukai warna abu-abu tergolong bijaksana, dewasa,
tidak egois, tenang, dan seimbang. Warna abu-abu juga mengandung arti lamban,
kuno, lemah, kehabisan energi, dan kotor. Karena warnanya tergolong netral atau
seimbang, warna ini banyak dipakai untuk warna alat-alat elektronik, kendaraan,
perangkat dapur, dan rumah.
10. Putih
Salah satu kelebihan warna putih adalah kemampuannya untuk membantu
mengurangi rasa nyeri. Ini dikarenakan warna putih memberi kesan kebebasan dan
keterbukaan. Kekurangan warna putih adalah dapat memberi rasa sakit kepala dan
mata lelah jika warna ini terlalu mendominasi. Bagi pekerja kesehatan, warna
putih memberi kesan steril. Putih sebagai warna yang murni dan tidak
menggunakan campuran apapun memberi arti yang suci dan bersih. Untuk design
yang minimalis penggunaan warna putih dapat menjadi pilihan yang tepat.
Warna putih menunjukkan kedamaian, permohonan maaf, pencapaian
diri, spiritualitas, kedewaan, keperawanan atau kesucian, kesederhanaan,
kesempurnaan, kebersihan, cahaya, tak bersalah, keamanan, persatuan. Warna
putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi
kesan kesederhanaan dan kebersihan. Warna putih juga mempunyai arti sebagai simbol
kesucian, karena sering digunakan pada upacara pernikahan, juga ketepatan,
ketidak bersalahan, kebersihan, dan banyak digunakan di rumah-rumah sakit sebagai
tanda kesetrilan.
Arti positif dari warna putih antara lain kebaikan, keadaan tak
bersalah, kemurnian, segar, gampang, dan bersih. Sedangkan arti negatifnya ialah musim dingin, dingin, dan
jauh.
Jika Anda menyukai warna putih, makaAnda adalah orang yang
dilahirkan ke dunia dengan sempurna, banyak orang mengagumi Anda karena sifat
anggun, idealis dan moralis yang teramat tinggi. Tak pernah angkuh, senang
menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan Anda.
11. Hitam
Warna hitam seringkali digunakan untuk menunjukkan kekuatan dan
ketegasan seseorang. Warna hitam sendiri melambangkan keberanian, ketenangan,
domisi, keteguhan, perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, formalitas,
misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidakbahagiaan, perasaan yang dalam,
kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar, harga diri, anti kemapanan,
seksualitas, kecanggihan.
Warna hitam juga merupakan lambang kematian, karena itu kebanyakan
bangsa-bangsa di dunia mengenakan pakaian warna hitam pada waktu upacara
kematian. Hitam sendiri mempunyai tafsir yang sangat banyak karena warna ini
merupakan kombinasi dari semua warna. Yang paling umum dari pemaknaan warna
hitam adalah kesan misterius. Seperti yang terdapat dalam film-film fiksi,
hantu, penyihir, dan mahkluk jadi-jadian sering digambarkan dengan kostum dan
atribut yang serba hitam.
Warna hitam adalah warna yang akan memberi kesan suram, gelap dan
menakutkan namun juga elegan. Karena itu elemen apapun jika dikombinasikan
dengan warna hitam akan terlihat menarik. Banyak kemasan menggunakan warna
hitam untuk memberi kesan elegan dan anggun. Warna hitam sangat tepat untuk
menambahkan kesan misteri. Latar
belakang warna hitam dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus
untuk menampilkan karya seni atau
fotografi karena membantu penekanan pada
warna-warna lain.
Hitam banyak dipakai dalam logo yang melambangkan teknologi,
kecanggihan, klasik, konservatif. Warna hitam termasuk salah satu dari warna
netral yang hampir dapat dipastikan cocok dengan warna lain apapun.
Arti positif dari warna hitam adalah perlindungan, dramatis,
serius, bergaya/anggun, formalitas. Sedangkan arti negatifnya adalah
kerahasiaan, kematian, kejahatan/ malapetaka, kegaiban. Adapun respon psikologi
terkait warna tersebut ialah power, seksualiti, kecanggihan, kematian, misteri,
ketakutan, kesedihan, dan keanggunan.
Jika seseorang menyukai warna hitam, maka ia termasuk kedalam tipe
orang yang sangat lincah dalam hal-hal tertentu saja. Jika ia berada di
lingkungan yang tidak disukai, maka ia akan menjadi murung. Seseorang yang
menyukai warna hitam lebih menyukai yang alami, selalu tampil menarik, rapi,
cukup banyak lawan jenis berusaha mengejar dan merebut cintanya. Ia merupakan
orang yang cuek dan tidak memikirkan omongan orang terhadap dirinya. Baginya
asal dia nyaman dia akan melakukan apapun yang mereka suka. Dalam pergaulan
mereka cukup enak diajak berteman karena dapat memberikan solusi dalam masalah
teman-temannya.
***
Sebenarnya, masih banyak lagi makna filosofis dari pelbagai warna
yang ada di dunia ini. Akan tetapi, karena sulitnya menginterpretasi dan
mencari sumber referensi hanya beberapa warna diataslah yang bisa dicari makna
filosofisnya. Untungnya warna yang didapat makna filosofisnya adalah warna
dasar, yaitu merah, biru, kuning dan hijau. Keempat itu merupakan warna primer
dari seluruh warna yang ada di dunia ini. Karena keempat itu pula warna-warna
indah lainnya dilahirkan seperti putih, hitam, ungu, coklat, abu-abu, oranya
dan masih banyak lagi.
Dengan adanya informasi ini, semoga kita sama-sama dapat belajar
dan menjadi lebih pintar dalam padu padankan warna, namun yang lebih penting
adalah menjadi lebih mengerti karakter pribadi teman-teman sekalian. Dari sini
kita bisa mengerti apa warna yang paling sesuai dengan kita dan bagaimana cara
menyeimbangkan warna tersebut sehingga karakter keras yang cenderung negatif
dapat diresidu menjadi karakter yang lebih positif.
Begitu juga dalam pemilihan warna dalam mendesign logo, pemilihan
warna cat rumah, maupun pakaian dan aksesoris yang tepat. Toh segala sesuatu
dalam hidup kita tidak pernah lepas dari warna bukan? Satu hal yang patut
diingat adalah psikologi warna dan efek emosinalnya terkait erat dengan budaya
dan proses penciptaan dan pencitraanya berubah sepanjang waktu dan tempat.
Wallahu A’lam
AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
BalasHapusADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
BBM : D89CC515
sabung ayam
agen terpercaya
bandar judi