Minggu, 08 Februari 2015

Hikmah Ibadah Haji I (Pakaian Ihram)


Pakaian ihram adalah pakaian yang digunakan bagi para jamaah haji. Teruntuk jamaah laki-laki, pakaian ihramnya menggunakan dua helai kain. Sedangkan untuk perempuan menggunakan pakaian yang menutup aurat kecuali muka dan telapak tangan. Pakaian ihram bermaksud untuk menghilangkan sifat buruk dalam diri seseorang. Seperti sombong, takabur, pamer dan bangga tehadap pakaian yang dikenakannya. Kemewaham pakaian dapat menimbulkan sikap hidup sombong dan arogansi bagi pemakainya yang pada akhirnya menjauhkan diri dari orang lain yang tidak setara dengannya. Iblis di usir oleh Allah karna kesombongannya, begitu juga dengan Fira`un dan Namrud.

Pakaian yang mahal jika hanya diselendangkan ketubuhnya tidak mengandung keindahan dan kemewahan. Akan tetapi jika sudah dijahit menjadi baju, jas, dan lain sebagainya, ia akan memiliki nilai  estetika. Lebih jauh tujuan pakaian ihram ini adalah menumbuhkan rasa rendah diri seseorang di hadapan Allah Swt, karena Sang Maha Pencipta memandang seseorang bukan karena pakaian, pangkatnya atau kedudukannya, tetapi Sang Maha Pencipta memandang seseorang itu karena taqwanya. Sebagaimana firman-Nya dalam QS. Hujurat ayat 13

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Artinya:
“Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Pakaian ihram juga mengingatkan pemakainya bahwa ia lahir di atas dunia tanpa sehelai benangpun, tidak memiliki kekuatan dan daya. begitu juga ketika ia meninggal dunia maka pakaian yang melekat di badan hanya pakaian putih yang tidak berjahit sebagai pembungkus badannya. Penggunaan pakaian ihram bagi jamaah haji dan umrah adalah ketentuan yang harus di laksanakan bagi duta-duta Allah.  juga mengandung pendidikan rohani yaitu Allah hanya melihat iman, amal dan taqwa seseorang tanpa memandang status atau identitas sosial. (Wallahu a’lam)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar